Saturday 31 August 2013

Dasar Teknik Instalasi Rumah (Jaringan Tegangan Rendah) I

Disini saya akan berbagi sedikit dengan teman teman yang belum memahami bagaimana cara memasang instalasi listrik di rumah. Karena ini bersifat dasar maka saya mengemas artikel ini dengan bahasa yang ringan agar mudah di mengerti oleh setiap orang yang ingin belajar tanpa harus melihat latar belakang ilmu masing masing.




Instalasi listrik rumah atau pemasangan jaringan tegangan listrik skala rumahan atau dengan nama teknisnya Instalasi JTR (Jaringan Tegangan Rendah) tidak lah begitu sulit seperti yang dibayangkan, untuk menguasai instalasi JTR hanya dibutuhkan logika bergikir saja, karena polaritas kabel yang keluar dari KWH meter PLN cuma dua jenis yaitu Fasa dan Netral atau dengan kata lain api dan nol, jika tiga pun itu karena kabel ground atau arde atau kebel pentanahan yang berfungsi digunakan untuk penetral samabaran petir agar tidak masuk ke perangkat elektronik, untuk ground akan kita bahas di tulisan lain.

Baiklah tidak bertele tele lagi saya akan menjelaskan secara satu persatu untuk pemasangan setiap titik.

1. Cara membedakan titik api dengan nol

Caranya sangat gampang sekali, hanya membutuhkan sebuah tespen. lihat gambar animasi di samping.
Masukkan ujung tespen ke dalam setiap lubang stop kontak dan jika lampu tespen menyala dari salah satu lubang, makan lubang yang menyebabkan lampu tespen menyalalah yang menjadi sumber api atau fasa, sementara lubang yang satunya adalah nol atau netral.
Untuk mengetahui fasa pada kabel perlakuannya juga sama, hanya saja anda perlu membuka lapisan isolasi pada kabel tersebut.



2. Cara memasang saklar dengan satu lampu



Sangat simpel dan sederhana, disini hanya dibutuhkan logika berfikir dimana saklar on/off adalah sebagai pintu yang berfungsi untuk membuka tutup agar arul listrik bisa masuk melalui kabel merah. Sementara kabel putih adalah netral. Jadi dengan di On kannya saklar maka arus akan masuk kedalam lampu sehingga lampu dapat menyala.
Jadi untuk lebih gampangnya anda hanya membutuhkan dua kabel untuk menghidupkan beban (peralatan listrik spt, lampu, kipas angin, TV, kompi, rice cooker, sll) dan kabel kabel tersebut memiliki sifat yang berbeda yaitu fasa dan netral. Sementara saklar hanya sebagai pemutus atau penyambung arus listrik, stop kontak hanya sebagai media penyambung yang bersifat temporer.

Mudah mudahan kita dapat memahami maksud dan tujuan tulisan ini, di pembahasan berikutnya saya akan menjelaskan lebih mendalam tentang instalasi listrik rumah yaitu di artikel Dasar Teknik Instalasi Rumah (Jaringan Tegangan Rendah) II










No comments:

Post a Comment